The New Comer


 Pembunuhan di Nihonbashi


Judul buku: The Newcomer (Pembunuhan di Nihonbaashi)

Judul Asli: Shinzanmono

Penulis: Keigo Higashino

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Terbit pertama di Jepang, 2013

Dicetak di Indonesia pertama kali tahun 2020

304 halaman.

 

Blurb:

 

Detektif Kaga Kyoichiro baru dipindahkan ke Nihonbashi, Tokyo. Ia memang pedatang baru, tetapi sangat berpengalaman menangani kasus kriminal. Ia bergabung dengan tim untuk menyelidiki pembunuhan seorang wanita. Semakin terlibat dalam kasus itu, semakin banyak tersangka baru bermunculan. Bahkan, hampir semua orang yang tinggal dan bekerja di distrik Nihonbashi memiliki motif sebagai pelaku.

 

Agar si pelaku tertangkap, Kaga harus mengurai seluruh rahasia di sekitar hidup manusia yang rumit. Masa lalu korban, sejarah keluarganya, dan hari-hari terakhir hidupnya merupakan kunci yang akan membawa Kaga kepada si pelaku.

***

Mineko Mitsui, memutuskan hidup sendiri setelah bercerai dari suaminya, Naohiro Hiroaki. Mineko yang selalu merasa tertekan selama menikah karena tidak mendapat perlakuan layaknya seorang istri, akhirnya menggugat cerai sang suami. Dia mulai meniti karir seperti cita-cita masa kuliah dulu. Menjadi seorang penerjemah. Dia menghubungi sahabatnya sejak masa kuliah yang berjanji akan membantu kehidupan Mineko pasca bercerai.

 

Novel seri Detektif Kaga, merupakan novel yang penuh plot twist. Banyak petunjuk yang dibeberkan dan sangat jelas. Namun, kepiawian Keigo Higashino meramunya, membuat setiap petunjuk menjadi ‘Racun’ yang ditebar agar pembaca tidak segera menutup novelnya.

 

Setiap detil petunjuk semua mengarah pada tersangka. Setiap bukti yang ada terkait satu sama lain. Butuh pemahaman yang dan kesabaran membaca setiap petunjuk yang ada. Hebatnya, semua petunjuk tersebar merata di hampir setiap halaman. Untuk bisa menebak siapa pelakunya, kita harus mampu menyatukan setiap potongan agar menjadi satu kesatuan utuh. Uniknya, setiap orang yang ada di sekitar korban bisa menjadi tersangka dan semua mempunyai motif untuk menghabisinya.

 

Pembaca seperti disodorkan sebuah puzzle. Puzzle yang akan terbentuk bila kita mampu mengumpulkan semua potongannya.

 

Mineko, akhirnya ditemukan tewas di kamarnya. Padahal kepindahannya ke Kodenmacho menyimpan banyak tanya di benak setiap orang yang mengenalnya. Bahkan, Koki Kiyose, putra tunggal yang meninggalkan bangku kuliah dan rumah karena ingin jadi aktor, tidak tahu sama sekali kalau ibunya tinggal tidak jauh dari rumahnya di Asakubashi. Walaupun pada akhirnya dia tahu apa yang membuat ibunya pindah ke Kodenmacho dan tentu saja hal itu meninggalkan sesal tak berujung dalam hati Koki.

 

Dengan perjuangan tak kenal lelah, Detektif Kaga dan Uesugi akhirnya mampu memecahkan teka-teki ini. Ending cerita yang penuh kejutan dan sama sekali tidak terduga membuat pembacanya enggan menutup novel ini hingga akhir cerita.

 

Penggambaran setting dan suasana yang sangat detil membuat novel ini benar-benar terasa hidup. Banyaknya tokoh yang terlibat, dapat digambarkan dengan karakter yang tepat dan porsi yang pas. Keigo Higashino sangat cerdas menampilkan setiap karakter tokoh di novel ini. Walau hanya sepintas lalu, tetapi kita dapat menganalisa setiap karakter tokoh dengan sangat jelas.

 

 

Weedee_Taipei_892020

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Witness

KASIH YANG HILANG